photo qwerty.png
Home » » " J2ME dan Wap " Mengenal lebih Java2 Micro Edition dengan Wap

" J2ME dan Wap " Mengenal lebih Java2 Micro Edition dengan Wap

J2ME (Java 2 Micro Editon) merupakan gambaran dari versi sederhana J2SE dengan pengurangan beberapa bagian fitur.
Java Mobile Deveopment

J2ME sebenarnya merupakan bagian dari J2SE yang mendukung beberapa fiture yang dapat diaplikasikan pada perangkat mobile, baik kabel maupun nirkabel. J2ME memiliki sedikit perbedaan diantara J2SE dan J2EE , J2ME di desain berubah-ubah tergantung dari spesifikasi dari alat yang akan digunakan. Dengan kata lain, J2ME APIs tidak tertanam pada alat tersebut.
J2me dengan J2se
Masing-masing bagian dari J2ME ditetapkan dan diaplikasikan untuk semua peralatan, tetapi beberapa bagian ditetapkan spesifikasinya untuk berbagai macam peralatan seperti mobile phone atau PDA.

J2ME dan Teknologi Wireless Lain
Pada saat sekarang mungkin ada tiga teknologi wireless paling penting yang sudah berkembang yaitu WAP, SMS, dan BLUETOOTH.

J2ME dan WAP
WAP merupakan singkatan dari Wireless Application Protocol adalah teknologi yang memungkinkan peralatan mobile / wireless untuk menerima data dari internet dan menampilkannya dalam layar yang terbatas/kecil. Pada dasarnya WAP merupakan teknologi yang mensupport web browser mini dalam peralatan mobile.Tetapi WAP bukan merupakan suatu aplikasi tetapi merupakan protokol.


Hanya kekurangan dari WAP adalah harus mendukung untuk client (device) dan web server dan WAP Gateway sebagai perantara internet dan jaringan peralatan-peralatan mobile juga harus tersedia.
Halaman Web untuk WAP agak berbeda dengan tampilan web pada umumnya. WAP ditulis dengan bahasa yang berbeda yaitu WML(Wireless Markup Language). WML juga mendukung bahasa scripting yang biasa disebut WMLScript, merupakan versi sederhana dari java script.

J2me dengan SMS

WAP dapat langsung digunakan dan didukung oleh berbagai macam tipe handphone. Banyak orang berpendapat dalam membandingkan dua teknologi ini sebagai saingan. J2ME bukan lagi saingan/kompetitor WAP daripada java adalah kompetitor dari HTML.


J2ME dan SMS
SMS merupakan singkatan dari Short Message Service. SMS merupakan teknologi yang mendukung pengiriman dan penerimaan pesan pendek pada peralatan mobile seperti handphone dan pager. Fitur menarik lain dari SMS adalah mensupport gabungan pesan yang memperbolehkan user untuk mengakses voice mail, e-mail, dan fax dari perangkat mobile.

J2me dengan bluetooth

J2ME dan Bluetooth

Teknologi wireless yang paling sering dibicarakan adalah bluetooth, bluetooth merupakan teknologi jaringan wireless yang banyak diharapkan untuk mengganti cara dalam bekerja dan beraktifitas. Ide dalam bluetooth adalah untuk memungkinkan komunikasi tanpa kabel jarak pendek diantara banyak peralatan. Jadi Bluetooth memiliki banyak keuntungan , misalnya anda tidak perlu khawatir ada kabel yang tergigit oleh binatang pengerat jika menggunakan bluetooth, anda tidak perlu berjalan untuk menancapkan kabel pada printer, dan lain-lain.


Apa hubungan antara Bluetooth dan J2ME? Sebenarnya tidak ada hubungan langsung diantara keduanya, karena bluetooth merupakan sebuah hardware dan J2ME merupakan sebuah software.

Artikel Terkait:

Share this article :