photo qwerty.png
Home » » Mengenal J2me " Sejarah J2me - Java2 Micro Edition "

Mengenal J2me " Sejarah J2me - Java2 Micro Edition "

J2ME adalah bagian dari Java 2 Standard Edition (J2SE) yang digunakan untuk implementasi pada perangkat genggam seperti seperti hand phone, PDA (Personal Digital Assistant), Palm, PocketPC, Smart-Phone hingga PDA-Phone yang tidak mampu mendukung secara penuh implementasi menggunakan J2SE. Perangkat tersebut memiliki jumlah memori yang terbatas, menghabiskan sedikit daya dari baterei, layar yang kecil dan bandwith jaringan yang rendah.

Mengenal J2ME
J2ME diterjemahkan oleh VM. Program dikompile ke dalam bytecode dan diterjemahkan denga Java Virtual Machine (JVM).

Ini berarti bahwa program-program tersebut tidak berhubungan langsung dengan perangkat. J2ME menyediakan suatu interface yang sesuai dengan perangkat. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak harus dikompile ulang supaya mampu dijalankan pada mesin yang berbeda.
J2ME terbagi menjadi 3 bagian yaitu :

Configuration
Bagian yang berisi JVM dan beberapa library kelas lainnya. Ada dua jenis konfigurasi yaitu CDC (Connected Device Configuration) dan CLDC (Connected Limited Device Configuration).

Configuration menggambarkan fitur minimal dari lingkungan lengkap Java runtime. Untuk menjamin kemampuan portabilitas dan interoperabilitas optimal diantara berbagai macam perangkat yang dibatasi sumber dayanya (memory, prosesor, koneksi yang dibatasi), configuration tidak menggambarkan fitur tambahan. Suatu configuration J2ME menggambarkan suatu komplemen yang minimum dari teknologi JAVA.

Profile
Bagian perluasan dari konfigurasi artinya selain sekumpulan kelas yang ada di konfigurasi, terdapat juga kelas lain yang lebih spesifik yang didefinisikan di dalam profil. Oleh karena itu profil akan membantu secara fungsional dengan menyediakan kelas-kelas yang tidak terdapat di konfigurasi.
https://lh4.googleusercontent.com/-sTBtppy8RfE/TWtMqCC00zI/AAAAAAAAAAQ/A3hvRv4kfK8/s1600/j2me.gif
Profile menggambarkan set-set tambahan dari API dan fitur untuk pasar tertentu, kategori perangkat atau industri. Sementara configuration menggambarkan library dasar, profile-profile menggambarkan library yang penting untuk membuat aplikasi-aplikasi efektif. Library ini memasukkan user interface, jaringan dan penyimpanan API.

Paket Opsional
Paket tambahan yang dibutuhkan oleh aplikasi sehingga pada saat proses deployment paket-paket tersebut perlu didistribusikan sebagai bagian dari aplikasi yang bersangkutan. Paket tersebut bukan merupakan paket yang dibuat oleh perusahaan alat yang digunakan.

J2ME
1. Java 2 Micro Edition adalah edisi Java untuk device
dengan kemampuan komputasi terbatas
2. Nama J2ME digunakan sebagai “payung” untuk
aneka teknologi Java untuk device micro (di
antaranya adalah Personal Java, JavaCard, MIDP, dll
3. Menggunakan bahasa Java yang sama, minus fitur
tertentu (baik fitur bahasa maupun API)
– fitur bahasa dan API yang ada dan tidak ada
tergantung dari konfigurasi (kemampuan) dan profil (jenis) device.

Cakupan J2ME
1. Device yang bisa diprogram dengan
J2ME mulai dari smart card sampai PDA
2. Masing-masing jenis device memiliki
kemampuan komputasi yang berbeda
– Smartcard memiliki memori <1Mb, dengan
kecepatan prosessor yang rendah
– PDA saat ini memiliki memori >8Mb dengan
kecepatan prosessor yang tinggi
– Device dengan kemampuan komputasi yang sama dibagi ke dalam Configuration.

Artikel Terkait:

Share this article :