GUI semacam daftar pilihan, masukan teks (textbox) dalam satu layar. Form
diimplementasikan oleh class javax.microedition.lcdui.Form. Form dapat menampung
komponen-komponen yang disebut item dalam satu layar. Item tersebut adalah textfield,
image, date field, gauge dan choice group. Item-item tersebut merupakan implementasi
dari class turunan Item(javax.microedition.lcdui.Item).
public Form(String title)
public Form(String title, Item[] items)
ChoiceGroup |
Konstruktor pertama, menyediakan sebuah form dengan judul form seperti parameter
title yang diberikan, sedangkan konstruktor kedua mendefinisikan item-item apa saja
yang akan ada di form yang akan dibuat.
Komponen Form :
• ChoiceGroup
Class ini menyediakan komponen yang mirip dengan list, yakni menyediakan daftar
pilihan.
• DateField
Class ini menyediakan komponen untuk memasukkan informasi tanggal dan waktu.
• Gauge
Class ini menyediakan komponen grafik horisontal yang biasanya digunakan untuk
memberikan gambaran berapa persen proses berjalan.
• Image dan ImageItem
Class ini menyediakan komponen grafik untuk manipulasi gambar.
• StringItem
Class ini menyediakan komponen teks string yang tidak bisa diedit oleh pengguna.
• TextField
Class ini menyediakan komponen untuk masukan teks string oleh pengguna.
Menggambarkan tips J2ME ini berupa metode menggunakan ChoiceGroup dalam aplikasi mobile :
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
public class ChoiceGroupDemo extends MIDlet implements CommandListener {
private boolean boolMotion=false;
Display mDisplay;
Form frm;
ChoiceGroup cg;
Command cmd;
ChoiceGroupDemo() {
frm=new Form("Choice Group Demo");
cg=new ChoiceGroup("Choose Movie:",Choice.MULTIPLE);
cmd=new Command("OK",Command.OK,1);
cg.append("Horror",null);
cg.append("Comedy",null);
cg.append("Action",null);
frm.append(cg);
frm.setCommandListener(this);
}
public void commandAction(Command c, Displayable d) {
for(int i=0;i<3;i++) {
if(cg.isSelected(i)) {
System.out.println("u selected :" +
cg.getString(elementNum));
return;
}
}
}
public void startApp() {
mDisplay = Display.getDisplay(this);
mDisplay.setCurrent(frm);
}
public void pauseApp() {}
public void destroyApp(boolean unconditional){}
}
Silahkan copas ke software edir kesayangan anda , jika kesulitan berikan kami komentar.