photo qwerty.png
Home » » Cara Mengetahui Virus Lokal dan Virus Luar

Cara Mengetahui Virus Lokal dan Virus Luar

Saya jelasin tentang perbedaannya ya sobat blogger... kalau kurang.. mohon ditambahin.. kalau lebih .. mohon dikurangi ..  
http://teknik-informatika.blogspot.com  
Perbedaan antara virus impor dan lokal adalah dalam cara menggandakan diri dan mempertahankan diri. Kebanyakan Virus impor yang berhasil piknik ke negeri kita, lebih menempel pada file EXE. Sehingga lebih susah untuk diberantas. Sedangkan kebanyakan virus lokal lebih mengacu pada worm bukan virus. Jadi, tidak menempel pada file.

      Ciri lain, pada kebanyakan virus lokal akan terlalu berlebihan dalam mempertahankan dirinya. Caranya dengan menutup aplikasi yang dianggapnya sebagai aplikasi yang dapat membunuh dirinya. Misalnya : Task Manager, Regedit, Msconfig. Sedangkan virus impor, biasanya tidak begitu.
     Ciri lain, virus lokal banyak menghajar Registry. Ia akan melakukan berbagai blok untuk akses-akses Registry yang dianggap dapat membahayakan dirinya. Misalnya : mengunci regedit, run, taskmanager. Virus luar negeri tidak akan banyak mengebiri reistry.... :)

    Ciri lain, virus lokal banyak membuat backup dirinya sendiri dalam proses. Ia akan mengaktifkan virus dalam memory, mungkin 3 atau bahkan 4 sekaligus pada saat yang sama ... yang pada akhirnya file-file tersebut akan saling bekerja sama dalam menjaga kelangsungan hidup virus. Misalnya, virus memakai 4 proses. Jika proses pertama dilumpuhkan, akan segera dihidupkan lagi oleh virus yang belum sempat dimatikan.

     Kebiasaan virus lokal ini dapat dimengerti, mungkin karena virus lokal sebagian besar tidak pandai dalam menempelkan dirinya sendiri. Hanya sekadar melakukan kloning, kloning dan kloning dirinya pada hard disk.

     Jadi mau tidak mau, ia harus lebih paranoid dalam mengamankan dirinya, agar filenya tidak gampang dihapus.

Artikel Terkait:

Share this article :